Tender Offer, Pemegang Saham DYNA Gelontori Rp425 M

Widi Agustian - Okezone

JAKARTA - Pemegang saham PT Dynaplast Tbk (DYNA), PT Hambali Dinamitra bakal mengeluarkan dana sekira Rp425 miliar untuk melakukan tender offer terkait rencana go private perseroan.

"Total dananya (tender offer) Rp425 miliar. Tapi itu dari pemegang saham, perusahaan induk Dynaplast," ujar Presiden Direktur Dynaplast Tony T Hambali di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (27/4/2011).

Nantinya, usai tender offer, kepemilikan Hambali Dinamitra di Dynaplast bakal meningkat menjadi sekira 70 persen dari sekarang yang sebesar 40,1 persen. Rencananya tender offer ini akan tuntas pada 7 Juli 2011 mendatang. Secara keseluruhan, proses delisting ini akan rampung pada September 2011.

Selain pergerakan saham yang tidak likuid, dia menuturkan jika alasan lain pihaknya melakukan delisting adalah karena kapitalisasi pasar perseroan yang rendah. Padahal, harga rata-rata saham perseroan adalah sebesar Rp700-Rp800 per saham, sementara book value dari saham Dynaplast sendiri sebesar Rp1.500 per saham.

Kendati demikian, dia mengakui jika harga sahamnya memang mengalami kenaikan hingga menjadi Rp3.500 per saham. Dia mengaku, market cap-nya adalah USD40 juta.

"Tuntutan market cap sekarang ini lebih besar, dulu market cap USD32 juta disebut medium small company. Tapi sekarang market cap USD300 juta-USD400 juta yang disebut medium small company," tuturnya.

Tak hanya itu, dia pun menyebut jika industri produksi plastik yang ditekuni perseroan kurang seksi. Alhasil, investor pun tidak tertarik.

"Selain market cap yang kecil, industrinya juga turun. Ini kan consumer goods, hal ini menjadi alasan bagi investor agar tidak masuk ke kita," tukasnya.
(ade)

July 13th 2011